Inspirasi Konsep dan Lokasi Foto Pre Wedding

Pre Wedding, adalah sebuah pengabadian momen lewat foto yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum resepsi pernikahan. Nantinya, hasil foto tersebut akan dipajang dan diperlihatkan pada semua tamu saat resepsi. Menurut Darwis Triadi, pakar fotografi terkemuka di Indonesia, kebiasaan membuat foto pre wedding hanya ada di Indonesia.

 

Karena bertujuan untuk dipamerkan pada para tamu undangan, maka foto pre wedding dirancang dengan sebaik-baiknya. Mulai dari tema, lokasi, wardrobemake up sampai properti pun merupakan detail-detail yang tidak tidak boleh luput dari perhatian calon pengantin dan fotografer. Lokasi, sebagai salah satu faktor penting penunjang foto, memang banyak yang memilih di alam terbuka atau outdoor.

 

Berikut ini adalah rekomendasi lokasi-lokasi outdoor yang cantik untuk menyempurnakan foto pre wedding Anda, tentunya dengan mengandalkan keindahan alam Indonesia yang luar biasa.

 

1. Hutan - Hutan Mangrove, Penjaringan, Jakarta Utara

Bermula dari kawasan di Jakarta, kita dapat beralih dari polusi yang menyakitkan menuju Hutan Mangrove berudara segar, inilah satu-satunya hutan yang tersisa di Jakarta. Lokasi ini patut dijadikan tempat untuk foto pre wedding karena dihiasi oleh ribuan Pohon Pidada Rindang dan tanaman Bakau yang hijau serta terdapat sungai. Ada juga jembatan yang terbuat dari kayu, selain berfungsi sebagai alat bantu pengunjung untuk melewati rawa, jembatan tersebut juga menambah kesan artistik tersendiri pada sebuah foto. Perahu-perahu yang terpampang di pinggir sungai pun bisa kita sewa.

 

2. Pantai - Pantai Tanjung Kelayang, Belitung

Bagi sebagian orang, pantai masih jadi tempat favorite untuk foto pre wedding, pantai diakui sebagai wahana yang menawarkan jiwa romantis. Pantai-pantai di Belitung kian terkenal setelah film Laskar Pelangi sukses di pasaran. Tengoklah Pantai Tanjung Kelayang, ini adalah salah satu pantai tercantik di Belitung, desain unik karya Yang Maha Kuasa terdiri dari pantai dengan pasir putih, airnya yang sangat jernih, serta ratusan batu granit besar yang gagah. Bayangkan, cantiknya foto pre wedding jika kita berdiri di atas batuan tersebut, didukung oleh bentangan alam berupa pantai asri dan tentunya dipadukan dengan wardrobe yang sepadan seperti gaun panjang.

 

3. Arsitektur Tradisional - Taman Sukasada, Bali

Kecantikan Pulau Dewata tidak diragukan lagi. Jika foto pre wedding dengan background pantai sudah banyak yang memiliki, maka Taman Sukasada yang terletak di Karangasem, Bali ini akan mewujudkan atmosfer yang berbeda. Pasalnya, ada bangunan kompleks yang merupakan kombinasi dari arsitektur Bali, Cina dan Eropa. Bangunan kuno ini kaya akan nilai seni dan sejarah sehingga akan tampak menarik pada foto. Tidak hanya itu, Taman Sukasada dihiasi juga dengan kolam dan Pura serta beberapa patung binatang yang mulutnya mengeluarkan air.

 

4. Arsitektur Modern - Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat

Ingin foto pre wedding dengan konsep Barat dan jauh dari suasana tradisional? disinilah tempatnya. San Diego Hills merupakan pemakaman mewah yang jauh dari suasana angker, sebaliknya, tempat ini sangat megah dan bersih. Kuburan seluas 500 ha ini dilengkapi dengan taman yang asri, pepohonan , padang rumput hijau, air mancur, bunga-bunga, patung-patung artistik yang indah, arsitektur dan interior elegan. Arsitektur bergaya Mediteranian dan Turki kuno menambah kesan mahal pemakaman ini, terdapat juga family center yang diberi nama Chapel Square. Di tengahnya terbentang taman berbentuk lingkaran, sebagai fasilitas keluarga modern, terdapat juga restoran Italia disana, La Colina dengan kapasitas 200 kursi.

 

5. Sawah – Ubud & Karangasem, Bali

Jauh dari peradaban kota, banyak calon pengantin yang inginkan konsep petani di tengah pematang sawah. Sawah-sawah di Bali seperti di Ubud dan Karangasem dikenal sebagai lokasi langganan foto pre wedding. Sawah disana masih bertingkat dan memiliki terasering. Namun, Tidak perlu jauh-jauh mencari lokasi untuk konsep ini, karena pada umumnya tekstur sawah tidak jauh berbeda, di Jakarta pun masih banyak ditemui sawah. Hanya saja, padi yang mulai menguning akan menambah keakraban si calon pegantin dengan konsep tersebut.

 

6. Gunung – Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur

Menanjak ke Malang, Jawa Timur, gunung merupakan salah satu kreasi alam yang eksotis, terlebih bekas erupsi yang terdapat di Gunung Bromo. Gunung berapi yang masih aktif ini juga memiliki gurun pasir luas, kita pun dapat menyewa kuda sebagai tambahan properti. Kabut tebal dan hawa dingin akan menemani moment foto pre wedding kita disini, tapi semua itu akan terbayangkan dengan pemandangan alam Gunung Bromo yang luar biasa.

 

7. Taman Hiburan – Dufan, Jakarta

Selain merepresentasikan hal yang romantis, foto pre wedding juga bisa mencitrakan nuansa fun. Bertolak dari background alam, suasana gembira taman hiburan juga bisa jadi konsep yang lucu namun tetap istimewa. Dufan, sebagai taman hiburan terbesar di Jakarta mencakup permainan yang super lengkap dan dikombinasikan dengan warna-warni ceria. Foto dengan background kincir raksasa, ontang-anting maupun rollercoster akan menggandakan konsep fun nan dramatis. Tunggulah hingga menuju senja atau malam hari, lampu-lampu yang menyala pada wahana akan mempercantik foto Anda.

 

Begitu beragamnya lokasi untuk foto pre wedding, selain beberapa konsep dan lokasi di atas, masih banyak lagi alam terbuka yang bisa dieksplor. Sungai, kebun bunga, kebun binatang maupun air tejun bisa jadi alternatif lain sebagai perencanaan lokasi foto pre wedding Anda. Kini, tinggal selera dan ide-ide Anda lah yang dimainkan untuk menciptakan sebuah foto pre wedding yang sangat berkesan bagi Anda dan tamu-tamu Anda nantinya.

 

Diambil dari: http://eljohnnews.com/category/destinations/inspirasi-konsep-dan-lokasi-foto-pre-wedding

 

 

24 Juli 2012

_PRINT

Exclusive Partner
Vizio Photography
WisataKulinerSby
Iklan RekAyorek
Toys 4 Rent